Selasa, 19 Februari 2013

Review Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam


Review Perkuliahan :         Teknologi Pendidikan Islam
Dosen Pembimbing :          Prof. Dr. H. Yatim Riyanto, M.Pd
ü  Hubungan dan perbedaan antara strategi, Model, pendekatan, metode dan teknik
STRATEGI/MODEL
(Ex : CTL, CBSA dll)

PENDEKATAN
(Ex :PKP (Pend. Ketrampilan Proses, Terapan/Praktek dll )

METODE
(Ex : Diskusi, Inquiri, Tanya Jawab, Ceramah dll)

TEKNIK
(Ex :
·         Diskusi Kel. Besar
·         Diskusi Panel
·         Diskusi Panel
·         FGD (Focus Group Discusion))




ü  Pendekatan terapan/praktek :
1.      Orientasi
2.      Aplikasi
3.      Evaluasi
4.    Feed Back (umpan balik)
ü  Pembelajaran Kontekstual/ CTL (Contectual Teaching Learning)
ü  Dalam merumuskan tujuan pendidikan Behavioristik :
1.      Audient
2.      Behavioristik
3.      Condisional
4.      Degree
ü  Teori Bloom  mengenai kognitif, afektif dan psikomotorik Dikenal dengan C6 :
1.      C 1 Pengenalan
2.      C 2 Pemahaman
3.      C 3 Penerapan
4.      C 4 Analisis
5.      C 5 Sintesis/ menyimpulkan
6.      C 6 Evaluasi
ü  Teori Gestalk Keseluruhan yang terintegrasi dari  beberapa komponen-komponen lebih bermakna daripada hanya perkomponen saja atau juga biasa disebut dengan teori HOLOSTIK
ü  Sumber Belajar :
1.      Manusia
2.    Non Manusia :
1)   By Design (Ex : Media Pembelajaran)
2)   By Utilization (Adanya karena sudah dirancang oleh ALLAH Ex : Hewan, Pohon)
ü  Kemampuan Belajar :
1.      Tujuan
2.      Ada yang dipelajari/materi
3.      Gaya belajar
4.      evaluasi
ü  Media Pembelajaran :
1.      Audio
2.      Visual
3.      Audio Visual
4.      Model 3 Dimensi
5.      Human Media  (Biasanya digunakan Out Bond)
6.      Grafis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar