Review Perkuliahan : Teknologi Pendidikan Islam
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. H. Yatim Riyanto, M.Pd
ü Hubungan dan perbedaan antara strategi, Model, pendekatan, metode dan teknik
STRATEGI/MODEL
(Ex : CTL, CBSA dll)
PENDEKATAN
(Ex :PKP (Pend. Ketrampilan Proses, Terapan/Praktek dll )
METODE
(Ex : Diskusi, Inquiri, Tanya Jawab, Ceramah dll)
TEKNIK
(Ex :
· Diskusi Kel. Besar
· Diskusi Panel
· Diskusi Panel
· FGD (Focus Group Discusion))
ü Pendekatan terapan/praktek :
1. Orientasi
2. Aplikasi
3. Evaluasi
4. Feed Back (umpan balik)
ü Pembelajaran Kontekstual/ CTL (Contectual Teaching Learning)
ü Dalam merumuskan tujuan pendidikan Behavioristik :
1. Audient
2. Behavioristik
3. Condisional
4. Degree
ü Teori Bloom mengenai kognitif, afektif dan psikomotorik Dikenal dengan C6 :
1. C 1 Pengenalan
2. C 2 Pemahaman
3. C 3 Penerapan
4. C 4 Analisis
5. C 5 Sintesis/ menyimpulkan
6. C 6 Evaluasi
ü Teori Gestalk “Keseluruhan yang terintegrasi dari beberapa komponen-komponen lebih bermakna daripada hanya perkomponen saja” atau juga biasa disebut dengan teori HOLOSTIK
ü Sumber Belajar :
1. Manusia
2. Non Manusia :
1) By Design (Ex : Media Pembelajaran)
2) By Utilization (Adanya karena sudah dirancang oleh ALLAH Ex : Hewan, Pohon)
ü Kemampuan Belajar :
1. Tujuan
2. Ada yang dipelajari/materi
3. Gaya belajar
4. evaluasi
ü Media Pembelajaran :
1. Audio
2. Visual
3. Audio Visual
4. Model 3 Dimensi
5. Human Media (Biasanya digunakan Out Bond)
6. Grafis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar